Profile LSP Asuransi Syariah

Lembaga sertifikasi profesi adalah lembaga pendukung BNSP yang bertanggung jawab melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi. LSP yang dibentuk wajib berbadan hukum dan dibentuk oleh perusahaan yang diregistrasi oleh BNSP. LSP mempunyai tugas mengembangkan standar kompetensi, melaksanakan uji kompetensi, menerbitkan sertifikat kompetensi serta melakukan verifikasi tempat uji kompetensi.Dalam melaksanakan tugas dan fungsi LSP mengacu pada pedoman yang dikeluarkan oleh BNSP. Dalam pedoman tersebut ditetapkan persyaratan yang harus dipatuhi untuk menjamin agar lembaga sertifikasi menjalankan sistem sertifikasi pihak pertama secara konsisten dan profesional, sehingga dapat diterima di tingkat nasional yang relevan demi kepentingan pengembangan sumber daya manusia dalam aspek peningkatan kualitas dan perlindungan tenaga kerja.

Lembaga Sertifikasi Profesi Asuransi Syariah, yang disingkat menjadi LSP Asuransi Syariah. merupakan Lembaga Sertifikasi Profesi bidang asuransi syariah dibawah naungan Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia atau yang disingkat (AASI). 

Tujuan LSP ini adalah menyelenggarakan sertifikasi kompetensi di bidang keselamatan dan kesehatan kerja, lingkungan hidup dan kompetensi di bidang asuransi syariah  sesuai ketentuan dan persyaratan professional bertaraf nasional dan internasional.

Untuk mencapai tujuan tersebut, LSP Asuransi Syariah menjalankan usaha dan kegiatan sebagai berikut :

  1. Melakukan standarisasi kompetensi di bidang asuransi syariah
  2. Menyelenggarakan sertifikasi kompetensi personil yang terkait dengan pengakuan keahlian dan profesionalisme di bidang asuransi syariah.
  3. Menjalin kemitraan dengan lembaga sejenis di dalam dan luar negeri.

LSP ASURANSI SYARIAH dipercaya oleh masyarakat sebagai pusat sertifikasi yang bermutu dengan dikelola secara professional serta didukung fasilitas yang, siap memberikan pelayanan yang prima dalam tatanan organisasi dan sistem manajemen yang siap menghadapi persaingan global.

LSP ASURANSI SYARIAH, mengacu pada Standar Kompetensi Khusus Lembaga Sertifikasi Profesi  untuk asuransi yang dikembangkan dan dipergunakan oleh lembaga sertifikasi profesi untuk dikembangkan sebagai bahan ajar  dan  materi uji kompetensi untuk peserta sertifikasi profesi terkait.

Namun demikian, LSP Asuransi Syariah dapat menggunakan semua standar kompetensi sebagaimana ditetapkan dalam PP No. 35 tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional, yaitu SKKNI, Standar Khusus dan/atau Standar Internasional.